|
| | | | | |
Stang Seher/Piston Standar |
|
Ngemengin masalah Stroke Up tentunya tidak lepas dari Stang
sehernya....Stroke Up bagi kalangan Dragster merupakan ritual wajib
untuk di gunakan.... so kalo cuma masi mengandalkan Stroke Standarnya
tentunya masi kurang meyakinkan untuk bisa WUZZZZ kenceng....namun
banyak masalah yang timbul pada pengaplikasian part untuk stroke up
Khususnya stang seher jika tidak menggunakan perhitungan yang
matang.....alhasil jajan lagi-jajan lagi hehe....kalo sudah stang seher
putus biasanya 50 % dari komponen mesin lainnya harus di ganti bahkan
bisa jadi semuanya......karna stang putus memiliki impac yang cukup
besar bagi komponen-komponen lainya....Cekidot gambar di bawah....
|
Efek Stang Seher Putus |
Beberapa penyebab stang seher putus adalah.....pengaplikasian piston
yang terlalu besar yang tidak sebanding dengan kekuatan dari stang
sehernya....power mesin yang terlalu besar tidak di imbangi dengan
kekutan komponennya....mapping pengapian yang terlalu Advance
dll.....nah dari pengalaman tersebut tentunya teman-teman sebenarnya
harus bisa menganalisa lebih jauh apa yang harus di lakukan....?
|
Kruk as yang telah di modifikasi / Stroke Up |
Karna kita bukan orang pabrikan yang mengetahui jenis material dan tidak
mengenal proses pembuatanya seperti apa ....yah terpaksa kita
menggunakan cara awam untuk menganalisa penggunaan stang seher yang kuat
melalui data spesifikasi motor.....yang perlu kita ketahui terlebih
dahulu pada kekuatan stang sehernya adalah......Power standar motor yang
akan kita gunakan stang sehernya sebagai bahan stroke up....Contoh
stang seher Rx king......Power motor Rx king memiliki kekuatan standar
Kurang lebih 18 HP Sewajarnya kita masi dapat maksimalkan pada batas
aman 5-8 HP lagi dari kekuatan standarnya jadi 18+8 = 26 Hp ...mau
maksa lagi si bisa tapi resiko di tanggung sendiri ya.....
|
Stang Seher/Piston |
Nah dari hal tersebut kita bisa menyimpulkan sendiri jika kita ingin
mengaplikasikan stang seher motor Rx king pada motor bebek atau matik 4
tak yang memiliki tenaga standar di bawah 10 Hp...tentunya sangat di
anjurkan mengganti dengan stang seher yang memiliki basic power mesin
yang lebih besar dari stang seher standar jika ingin melakukan stroke up
apalagi yang sekalian bore up gila-gilan......so jika nanti motor bebek
atau matik yang telah di up grade mengalami peninggkatan Hp tentunya
memiliki batas aman Hp yang cukup jauh......Kalo nanti pada
pengaplikasiannya harus menggunakan Pakin tebal sebagai
penyesuaian.....Tentunya sudah menjadi konsekwensi kawan ....mau aman
tapi menggunakan paking tebal atau memilih satang seher hanya mencari
ukuran panjangnyan saja tanpa mempertimbangkan kekuatanya untuk di buat
nol paking ......yah silahkan di pertimbangkan sendiri deh.....Tanpa
bermaksud untuk menggurui dan Kurang lebihnya mohon maaf semoga
bermanfaat.
Berikut ini Data spesifikasi Power mesin motor standar yang teman-teman dapat jadikan sebagai bahan patokan.
- Rx King = 17,7 Hp
- Rx Special = 15.2 Hp
- Rxz = 19,7 Hp
- Ninja R = 29,5Hp
- Ninja RR = 29,5Hp
- Suzuki TS 125 = 13 Hp
- Yamaha V80 = 6,7 Hp
- Yamaha F1ZR = 10,5 Hp
Tidak ada komentar:
Posting Komentar