Perbedaan Mesin Honda Vario 150 eSP dengan Honda PCX 150
– Setelah beberapa saat lalu produsen motor asal negeri Sakura yang
memiliki lambang kebanggaan sayap mengepak dan memiliki jargon One Heart
meluncurkan produk andalan skuter matik terbaru menjadi momentum
tersendiri bagi Honda untuk menatap tahun 2015 ini. Produk terbaru Honda
tersebut adalah Honda Vario 150 eSP yang sepertinya memiliki mesin yang
diambil pada skuter matik premium mereka yakni Honda PCX 150. Tetapi
pihak Honda menyatakan bahwa kedua sepeda motor dengan jenis yang sama
ini memiliki mesin yang sedikit berbeda karena juga memiliki segmentasi
yang berbeda pula. Lalu apa saja perbedaannya? Simak ulasan mengenai
skuter matik Honda berkubikasi mesin 150 cc dibawah ini.
Untuk basicnya sebenarnya mesin Honda Vario 150 eSP dengan PCX 150
ini bisa dikatakan sama. Tetapi perlu diingat bahwa kegunaan kedua skuter matik
ini berbeda, yang mana jika Vario 150 eSP untuk keperluan Commuter.
Sedangkan untuk skuter matik premium Honda PCX 150 difungsikan sebagai
penjelajah jarak jauh.
Beralih ke dapur pacu Honda Vario 150 eSP dengan PCX 150 ini secara
tegas memiliki perbedaan yang sangat signifikan yakni berupa perbedaan
ukuran piston (Seher). Dimana untuk Honda Vario 150 eSP memiliki ukuran
diameter piston 57.27 mm, sedangkan untuk Honda PCX 150 57,9 mm. Dan
untuk ukuran langkah piston kedua skuter matik ini sama yakni 57,9 mm.
Dengan perbedaan ruang bakar tersebut maka kubikasi Honda Vario 150 eSP
dengan PCX 150 jelas sangat berbeda. Honda Vario 150 eSP menghasilkan
kubikasi 149,3 cc dan PCX 150 menghasilkan kubikasi 152,9 cc. Di mana
untuk rasio kompresi kedua matik Honda ini masih sama yakni 10,6:1.
Dengan perbedaan tersebut maka tenaga yang dihasilkan juga berbeda.
Di mana Honda PCX 150 eSP menghasilkan tenaga yang menyentuh angka 13,1
Hp pada putaran mesin 8.500 RPM dengan torsi maksimal 13,1 Nm pada
putaran mesin 5.500 RPM. Sedangkan untuk Honda Vario 150 eSP hanya
nangkring diangka 12.4 Hp pada putaran 8.500 RPM dengan torsi maksimal
mencapai 12.8 Nm pada putaran 5.000 RPM.
Selain itu kedua skutik Honda ini memiliki perbedaan Throttle Body,
Roller, Final Gear dan Bobot yang berbeda. Di mana Honda Vario 150 eSP
diuntungkan oleh bobot yang lebih ringan dari PCX 150 eSP. Sehingga
Honda Vario 150 eSP menghasilkan Power to Weight Ratio yang lebih besar
dibandingkan PCX 150. Hal tersebut yang membuat Honda Vario generasi
terbaru ini lebih mudah untuh meraih kecepatan. Namun perbedaan fungsi
nampaknya harus diperhatikan secara baik-baik oleh konsumen dalam
menentukan pilihan pada kedua skuter matik Honda ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar