Selasa, 28 April 2015

Yamaha JUpiter MX king vs Satria fu

Perbandingan Yamaha MX King 150 dan Suzuki Satri FU. Persaingan pasar motor di Tanah Air tidak pernah surut. Baru-baru ini pabrikan motor berlambang tiga garputala meluncurkan motor bebek berkapasitas 150 cc andalannya. Motor tersebut adalah Yamaha MX King dan Jupiter MX 150. Dengan demikian kedua motor terbaru Yamaha tersebut akan berhadapan langsung dengan Suzuki Satria F150 yang beberapa tahun belakangan ini nyaris tidak memiliki kompetitor.
Lalu manakah yang lebih unggul, motor milik Yamaha atau Suzuki kah? Berikut akan dibahas dengan mengacu pada brosur pada masing-masing produsen.
Hal pertama yang dilihat adalah sektor pacunya. Kedua motor ini memiliki mesin 150 cc, namun dengan konstruksi kepala silinder yang berbeda. Untuk Yamaha MX King 150 dibekali dengan mesin SOHC empat klep yang mirip dengan milik New V-Ixion. Stoke-nya 58,7 mm dan diameter pistonnya berukuran 57 mm. Oleh karenanya motor ini memiliki torsi yang lebih besar di putaran bawah.
Untuk pendinginan mesin, Yamaha Jupiter MX 150 dan MX King telah menggunakan radiator. Blok silinder motor tersebut menggunakan DiASil cylinder yang terbuat dari material logam campuran dari aluminium dan silicon. Mesin tersebut juga menggunakan forged piston yang dibuat dengan sistem forging atau ditempa.
Suzuki Satria 2014 Indonesia
Beralih ke Suzuki Satria F150, motor ini dibekali dengan mesin DOHC empat klep. Ruang bakar dengan karakter over bore memiliki stroke 48,8 mm dan piston berdiameter 62 mm. Sehingga putaran mesin Satria F150 lebih cepat berputar tinggi. Namun Suzuki hanya mengandalkan oil cooler sebagai pendingin mesin. Blok silinder dibuat dari aluminium yang diperkuat dengan teknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material).
Perbedaan lainnya jelas terlihat dari teknologi pengabutan bahan bakar yang diterapkan kedua motor ini. Yamaha MX King 150 telah menggunakan sistem injeksi yang memiliki performa lebih optimal serta ramah lingkungan. Sementara Suzuki Satria F150 masih menggunakan karburator.
Kendati demikian jumlah gigi transmisi Satria F150 ini lebih banyak, yakni ada enam, Sedangkan MX King 150 hanya memiliki lima gigi transmisi. Logikanya, jika di trek panjang Suzuki Satria F150 bisa lebih unggul dibandingkan Yamaha MX King 150.
Lalu bagaimana dengan tenaga yang dihasilkan kedua motor tersebut? Yamaha MX King 150 diklaim sanggup menghasilkan tenaga sebesar 15,5 hp pada putaran 8.500 rpm. Sementara Satria F150 memiliki tenaga 16 hp pada putaran 9.500 rpm.
Torsi puncaknya sesuai dengan karakter mesin yang digunakan. Untuk MX King 150 yang over stroke memiliki torsi 13,8 Nm pada putaran 7.000 rpm, sedangkan Satria F150 yang over bore torsinya 12,4 Nm pada putaran 8.500 rpm.
Spesifikasi Yamaha MX King 150:
DIMENSI
  • P X L X T : 1970mm X 670mm X 1080mm
  • Jarak sumbu roda : 1290mm
  • Jarak terendah ke tanah : 135mm
  • Tinggi tempat duduk : 780mm
  • Berat isi : 116 kg
  • Kapasitas tangki bensin : 4,2 L
MESIN
  • Tipe mesin : 4 langkah berpendingin cairan, SOHC
  • Jumlah / posisi silinder : silinder tunggal / tegak
  • Diameter X Langkah : 57,0 X 58,7mm
  • Perbandingan kompresi : 10,4 : 1
  • Daya maksimum : 11,3 kW / 8500 rpm
  • Torsi maksimum : 13,8 Nm / 7000 rpm
  • Sistem starter : elektrik starter & kickstarter
  • Sistem pelumasan : basah
  • Kapasitas oli mesin : total = 1,15 L ; berkala = 0,9 L ; ganti filter oli = 1,00 L
  • Sistem bahan bakar : fuel injection
  • Tipe kopling : basah, kopling manual, multiplat
  • Tipe transmisi : constant mesh 5-kecepatan
  • Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5
RANGKA
  • Tipe rangka : Backbone
  • Suspensi depan : Teleskopik
  • Suspensi belakang : Swingarm
  • Ban depan : 70/90-17 M/C (38P)
  • Ban belakang : 120/70-17 M/C (58P)
  • Rem depan : Single disc brake
  • Rem belakang : Single disc brake
KELISTRIKAN
  • Sistem pengapian : TCI
  • Battery : GTZ4V / YTZ4V
  • Tipe busi : NGK / CR8E
Spesifikasi Satria F150:
DIMENSI
  • P X L X T : 1.940mm x 652mm
  • Jarak sumbu roda : 1.280mm
  • Jarak terendah ke tanah : 140 mm
  • Tinggi Jok : 764 mm
  • Berat Kosong : 95 kg
MESIN
  • Jenis : 4-Tak, DOHC, Berpendingan Oli, SACS, 4-Katup, 1 Silinder
  • Isi Silinder : 147.3 cc
  • Tenaga Maksimum : 16 Ps/9.500 rpm
  • Torsi Maksimum : 12.7 kgm / 8.500 rpm
  • Sistem Bahan Bakar : Karburator
  • Sistem Pengapian : CDI
  • Sistem Starter : Elektrik dan Kaki
  • Transmisi : 6 Percepatan
  • Kapasitas Tangki : 4,9 L
RANGKA
  • Suspensi Depan : Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
  • Suspensi Belakang : Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
  • Rem Depan : Cakram
  • Rem Belakang : Cakram
  • Roda Depan : 70/90-17 38S
  • Roda Belakang : 70/90-17 38S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar