Perbandingan Yamaha MX King 150 dan Suzuki Satri FU.
Persaingan pasar motor di Tanah Air tidak pernah surut. Baru-baru ini
pabrikan motor berlambang tiga garputala meluncurkan motor bebek
berkapasitas 150 cc andalannya. Motor tersebut adalah Yamaha MX King dan Jupiter MX 150. Dengan demikian kedua motor terbaru
Yamaha tersebut akan berhadapan langsung dengan Suzuki Satria F150 yang
beberapa tahun belakangan ini nyaris tidak memiliki kompetitor.
Lalu manakah yang lebih unggul, motor
milik Yamaha atau Suzuki kah? Berikut akan dibahas dengan mengacu pada
brosur pada masing-masing produsen.
Hal pertama yang dilihat adalah sektor
pacunya. Kedua motor ini memiliki mesin 150 cc, namun dengan konstruksi
kepala silinder yang berbeda. Untuk Yamaha MX King 150
dibekali dengan mesin SOHC empat klep yang mirip dengan milik New
V-Ixion. Stoke-nya 58,7 mm dan diameter pistonnya berukuran 57 mm. Oleh
karenanya motor ini memiliki torsi yang lebih besar di putaran bawah.
Untuk pendinginan mesin, Yamaha Jupiter MX 150
dan MX King telah menggunakan radiator. Blok silinder motor tersebut
menggunakan DiASil cylinder yang terbuat dari material logam campuran
dari aluminium dan silicon. Mesin tersebut juga menggunakan forged
piston yang dibuat dengan sistem forging atau ditempa.
Beralih ke Suzuki Satria F150, motor ini
dibekali dengan mesin DOHC empat klep. Ruang bakar dengan karakter over
bore memiliki stroke 48,8 mm dan piston berdiameter 62 mm. Sehingga
putaran mesin Satria F150
lebih cepat berputar tinggi. Namun Suzuki hanya mengandalkan oil cooler
sebagai pendingin mesin. Blok silinder dibuat dari aluminium yang
diperkuat dengan teknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical
Material).
Perbedaan lainnya jelas terlihat dari
teknologi pengabutan bahan bakar yang diterapkan kedua motor ini. Yamaha
MX King 150 telah menggunakan sistem injeksi yang memiliki performa
lebih optimal serta ramah lingkungan. Sementara Suzuki Satria F150 masih
menggunakan karburator.
Kendati demikian jumlah gigi transmisi
Satria F150 ini lebih banyak, yakni ada enam, Sedangkan MX King 150
hanya memiliki lima gigi transmisi. Logikanya, jika di trek panjang Suzuki Satria F150 bisa lebih unggul dibandingkan Yamaha MX King 150.
Lalu bagaimana dengan tenaga yang dihasilkan kedua motor tersebut? Yamaha MX King 150
diklaim sanggup menghasilkan tenaga sebesar 15,5 hp pada putaran 8.500
rpm. Sementara Satria F150 memiliki tenaga 16 hp pada putaran 9.500 rpm.
Torsi puncaknya sesuai dengan karakter
mesin yang digunakan. Untuk MX King 150 yang over stroke memiliki torsi
13,8 Nm pada putaran 7.000 rpm, sedangkan Satria F150 yang over bore
torsinya 12,4 Nm pada putaran 8.500 rpm.
Spesifikasi Yamaha MX King 150:
DIMENSI
- P X L X T : 1970mm X 670mm X 1080mm
- Jarak sumbu roda : 1290mm
- Jarak terendah ke tanah : 135mm
- Tinggi tempat duduk : 780mm
- Berat isi : 116 kg
- Kapasitas tangki bensin : 4,2 L
MESIN
- Tipe mesin : 4 langkah berpendingin cairan, SOHC
- Jumlah / posisi silinder : silinder tunggal / tegak
- Diameter X Langkah : 57,0 X 58,7mm
- Perbandingan kompresi : 10,4 : 1
- Daya maksimum : 11,3 kW / 8500 rpm
- Torsi maksimum : 13,8 Nm / 7000 rpm
- Sistem starter : elektrik starter & kickstarter
- Sistem pelumasan : basah
- Kapasitas oli mesin : total = 1,15 L ; berkala = 0,9 L ; ganti filter oli = 1,00 L
- Sistem bahan bakar : fuel injection
- Tipe kopling : basah, kopling manual, multiplat
- Tipe transmisi : constant mesh 5-kecepatan
- Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5
RANGKA
- Tipe rangka : Backbone
- Suspensi depan : Teleskopik
- Suspensi belakang : Swingarm
- Ban depan : 70/90-17 M/C (38P)
- Ban belakang : 120/70-17 M/C (58P)
- Rem depan : Single disc brake
- Rem belakang : Single disc brake
KELISTRIKAN
- Sistem pengapian : TCI
- Battery : GTZ4V / YTZ4V
- Tipe busi : NGK / CR8E
Spesifikasi Satria F150:
DIMENSI
- P X L X T : 1.940mm x 652mm
- Jarak sumbu roda : 1.280mm
- Jarak terendah ke tanah : 140 mm
- Tinggi Jok : 764 mm
- Berat Kosong : 95 kg
MESIN
- Jenis : 4-Tak, DOHC, Berpendingan Oli, SACS, 4-Katup, 1 Silinder
- Isi Silinder : 147.3 cc
- Tenaga Maksimum : 16 Ps/9.500 rpm
- Torsi Maksimum : 12.7 kgm / 8.500 rpm
- Sistem Bahan Bakar : Karburator
- Sistem Pengapian : CDI
- Sistem Starter : Elektrik dan Kaki
- Transmisi : 6 Percepatan
- Kapasitas Tangki : 4,9 L
RANGKA
- Suspensi Depan : Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
- Suspensi Belakang : Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
- Rem Depan : Cakram
- Rem Belakang : Cakram
- Roda Depan : 70/90-17 38S
- Roda Belakang : 70/90-17 38S
Tidak ada komentar:
Posting Komentar